Bluebird Mengambil Langkah Inisiatif dalam Kepedulian Lingkungan dan Sosial
Komitmen Bluebird terhadap kesejahteraan sosial, pelestarian lingkungan, dan tata kelola perusahaan ditunjukkan melalui pembentukan 3 pilar utama BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps sesuai dengan Visi Keberlanjutan 50:30.
BlueSky menunjukkan kepedulian lingkungan, BlueLife menunjukkan kesejahteraan sosial, dan BlueCorps menunjukkan kepedulian terhadap tata kelola perusahaan yang baik. Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Bluebird Tbk, mengatakan bahwa peluncuran Visi Keberlanjutan 50:30 pada tahun 2022 didasarkan pada kepentingan lingkungan dan sosial.
Adrianto mengatakan, “Sudah banyak program dan kegiatan yang kami lakukan untuk mendukung tercapainya visi tersebut. Perusahaan ini telah mencatatkan prestasi yang baik dalam hal tata kelola perusahaan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan perbaikan lingkungan.
Untuk mendukung pilar BlueSky, Perusahaan ini telah mengoperasikan lebih dari 200 armada taksi listrik, 3.200 armada CNG, dan menggunakan panel surya sebagai alternatif energi bersih. Pada tahun 2023, pencapaian ini termasuk pengurangan emisi karbon sebanyak 2.600 ton dari armada listrik, 24.800 ton dari armada CNG, dan 48,3 ton dari penggunaan panel surya.
Di bidang BlueLife, Bluebird memberdayakan lebih dari 1.000 istri dan putri pengemudi melalui program Kartini Bluebird, yang mengajarkan keterampilan tambahan untuk mendukung kesejahteraan keluarga, dan memberikan beasiswa kepada lebih dari 38.000 anak pengemudi berprestasi.
Untuk BlueCorps, selain menjalankan tata kelola perusahaan yang baik dengan transparansi dan akuntabilitas, Bluebird juga fokus pada peningkatan kualitas pengelolaan bengkel, yang terbukti dengan mendapatkan sertifikasi kelas A. Adrianto menambahkan bahwa komitmen BlueCorps telah diakui oleh berbagai penghargaan dari organisasi terpercaya.
Pada tahun 2023, Bluebird dihargai untuk transformasi bisnis terbaik, penggunaan EV pertama, dan inovasi digital dan ekosistem.