Bos Apple Mendorong Klub MLS untuk Memahami “Dampak Bisnis” dari Kehadiran Lionel Messi
Eddy Cue, yang memimpin kerjasama antara Apple TV dan Major League Soccer (MLS), mengajak klub-klub MLS untuk mengikuti jejak Inter Miami dalam mendatangkan pemain bintang sekelas Lionel Messi dengan harapan dapat meningkatkan jumlah penonton.
Menurut Cue, kehadiran Messi di Amerika Serikat telah membawa “efek bisnis” yang signifikan, memperkuat citra MLS dan menarik banyak penonton baru dari berbagai wilayah seperti Eropa, Amerika Selatan, hingga Amerika Utara.
“Saya senang melihat tim yang berusaha keras. Langkah yang diambil Inter Miami adalah contoh yang bagus, dan menurut saya, lebih banyak tim seharusnya mengikuti jejak mereka. Saya yakin akan ada lebih banyak lagi klub yang melakukannya,” kata Cue seperti yang dilaporkan oleh AFP pada Kamis (22/2) waktu setempat.
Meskipun Apple belum merilis data resmi mengenai jumlah pelanggan siaran langsung pertandingan MLS, Sports Business Journal melaporkan bahwa jumlah penonton meningkat menjadi dua juta setelah Messi bergabung dengan Inter Miami.
Cue mengungkapkan kekagetannya atas dampak yang begitu besar yang ditimbulkan oleh kedatangan Messi terhadap bisnis televisi MLS.
“Saya terkejut. Awalnya saya tidak berpikir bahwa perubahan akan terjadi secepat itu. Ternyata, dampaknya begitu cepat dan signifikan, baik dari segi global maupun bisnis di Amerika Serikat,” ujarnya.
Inter Miami menjadi pusat perhatian setelah berhasil merekrut sejumlah pemain bintang seperti Messi, Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Luis Suarez yang merupakan mantan striker Barcelona dan Liverpool.
Komisaris MLS, Don Garber, mengakui bahwa Inter Miami telah berhasil menghasilkan pendapatan yang diharapkan sejalan dengan kedatangan sejumlah pemain terkenal tersebut.
“Jika kita mempertimbangkan bahwa setiap klub memiliki potensi untuk mencapai hal serupa dengan merekrut pemain bintang, saya yakin MLS akan mempertimbangkan untuk menyesuaikan peraturannya demi mewujudkan hal tersebut,” ujar Garber.