spot_img

BPJS Kesehatan Meningkatkan Kualitas Layanan untuk Peserta JKN

Date:

BPJS Kesehatan Meningkatkan Kualitas Layanan untuk Peserta JKN

BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari berbagai segmen kepesertaan, termasuk dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara.

“Transformasi mutu layanan kepada peserta JKN terus kami tingkatkan. Kami mengembangkan beragam inovasi untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Gusti Ngurah Catur Wiguna, di Jakarta, pada hari Kamis.

Peningkatan layanan tersebut tercermin dari hal paling kecil, yaitu terhadap kualitas satpam yang menjadi pintu gerbang pelayanan bagi peserta JKN di kantor BPJS Kesehatan. Sebelum memberikan pelayanan administrasi kepada peserta JKN maupun masyarakat umum, satpam dibekali dengan pengetahuan mengenai ketentuan dan regulasi BPJS Kesehatan.

Selain itu, satpam diharapkan memberikan penampilan terbaik, yakni bersih dan rapi, sehingga membuat peserta merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

Untuk meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN, BPJS Kesehatan telah memberikan keseragaman pemahaman terkait standar pelayanan peserta dan memberikan pelatihan berupa roleplay untuk menjaga standar pelayanan prima kepada peserta.

“Sudah ada standar pelayanan prima yang dilakukan satpam serta petugas frontliner, dan kami melakukan evaluasi berkala dari segi petugas dan sarana prasarananya sehingga dapat melayani peserta JKN secara optimal,” tambahnya.

Salah satu peserta JKN yang merasakan manfaat dari peningkatan pelayanan tersebut adalah Era Fazira, yang berasal dari Desa Pamotong, Kabupaten Lombok Timur. Ketika Era mendaftarkan orang tuanya menjadi peserta JKN Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), ia merasakan pelayanan yang sangat ramah oleh masing-masing petugas BPJS Kesehatan, mulai dari petugas keamanan hingga frontliner.

“Saya disambut ramah oleh satpam dan ditanya apa kebutuhannya. Satpam sangat informatif dan bisa memberi penjelasan tentang pendaftaran peserta JKN segmen PBPU. Saya sampai ditemani dan dipandu cara mengisi formulirnya,” ujar Era.

Tidak hanya satpam, Era juga sangat terbantu dengan petugas yang memeriksa berkas karena ia sekaligus dijelaskan mengenai langkah mudah mendaftar otodebit melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Bintang lima saya berikan kepada satpam dan petugas BPJS Kesehatan Cabang Selong. Saya berharap BPJS Kesehatan selalu memberikan pelayanan yang ramah, informatif, tidak berbelit-belit, dan tidak diskriminatif,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

JAKARTA – bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat posisinya sebagai salah...

bank bjb Jalin Kerjasama dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) Terkait Layanan Perbankan

BANDUNG - bank bjb terus memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai bagian dari strategi...

Wujudkan Pertumbuhan Bersama, bank bjb Efektif Setorkan Modal ke Bank Jambi

BANDUNG - bank bjb terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan Bank Pembangunan Daerah...

Bandung bjb Tandamata Resmi Umumkan Daftar Pemain Tim Putri

BANDUNG – Bandung bjb Tandamata resmi mengumumkan daftar pemain tim voli putri...