BPJS Kesehatan Meningkatkan Kualitas Layanan untuk Peserta JKN
BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari berbagai segmen kepesertaan, termasuk dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara.
“Transformasi mutu layanan kepada peserta JKN terus kami tingkatkan. Kami mengembangkan beragam inovasi untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Gusti Ngurah Catur Wiguna, di Jakarta, pada hari Kamis.
Peningkatan layanan tersebut tercermin dari hal paling kecil, yaitu terhadap kualitas satpam yang menjadi pintu gerbang pelayanan bagi peserta JKN di kantor BPJS Kesehatan. Sebelum memberikan pelayanan administrasi kepada peserta JKN maupun masyarakat umum, satpam dibekali dengan pengetahuan mengenai ketentuan dan regulasi BPJS Kesehatan.
Selain itu, satpam diharapkan memberikan penampilan terbaik, yakni bersih dan rapi, sehingga membuat peserta merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.
Untuk meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN, BPJS Kesehatan telah memberikan keseragaman pemahaman terkait standar pelayanan peserta dan memberikan pelatihan berupa roleplay untuk menjaga standar pelayanan prima kepada peserta.
“Sudah ada standar pelayanan prima yang dilakukan satpam serta petugas frontliner, dan kami melakukan evaluasi berkala dari segi petugas dan sarana prasarananya sehingga dapat melayani peserta JKN secara optimal,” tambahnya.
Salah satu peserta JKN yang merasakan manfaat dari peningkatan pelayanan tersebut adalah Era Fazira, yang berasal dari Desa Pamotong, Kabupaten Lombok Timur. Ketika Era mendaftarkan orang tuanya menjadi peserta JKN Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), ia merasakan pelayanan yang sangat ramah oleh masing-masing petugas BPJS Kesehatan, mulai dari petugas keamanan hingga frontliner.
“Saya disambut ramah oleh satpam dan ditanya apa kebutuhannya. Satpam sangat informatif dan bisa memberi penjelasan tentang pendaftaran peserta JKN segmen PBPU. Saya sampai ditemani dan dipandu cara mengisi formulirnya,” ujar Era.
Tidak hanya satpam, Era juga sangat terbantu dengan petugas yang memeriksa berkas karena ia sekaligus dijelaskan mengenai langkah mudah mendaftar otodebit melalui Aplikasi Mobile JKN.
“Bintang lima saya berikan kepada satpam dan petugas BPJS Kesehatan Cabang Selong. Saya berharap BPJS Kesehatan selalu memberikan pelayanan yang ramah, informatif, tidak berbelit-belit, dan tidak diskriminatif,” tambahnya.