Generasi Muda : Kunci Adaptasi dan Inovasi untuk Mewujudkan Indonesia Emas
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengajak generasi muda, termasuk generasi milenial, generasi Z, dan generasi Alpha, untuk menjadi adaptif dan inovatif di era digitalisasi demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.
“Kemajuan teknologi tidak bisa dilawan atau dihambat. Siapa pun yang mencoba menghadang kemajuan teknologi akan tertinggal. Oleh karena itu, kita harus optimis, dengan dua kata kunci utama: inovasi dan adaptasi,” ujar Budi saat berkunjung ke Kantor PT Ajaib Teknologi Indonesia (Ajaib) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan, Senin.
Budi menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), gabungan dari ketiga generasi muda tersebut mencakup 65 persen dari total populasi. Secara lebih rinci, generasi milenial mencapai 26 persen, generasi Z sebesar 28 persen, dan generasi Alpha sebanyak 11 persen.
Dengan jumlah yang signifikan ini, Budi percaya bahwa generasi muda sebagai sumber daya manusia (SDM) potensial dapat memberikan lompatan besar dalam hal inovasi dengan memanfaatkan era digitalisasi.
Budi menekankan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi generasi muda untuk mempelajari dan mendalami tren serta teknologi yang berkembang di era digitalisasi. Hal ini karena talenta digital dari generasi muda Indonesia telah menarik minat perusahaan teknologi raksasa global untuk berinvestasi dalam pengembangannya.
Contoh terbaru adalah investasi dari Apple dan Microsoft yang mendukung pengembangan talenta digital di Indonesia.
“Jadi, mumpung masih sehat, mari kita semangat, karena kemajuan Indonesia hanya bisa dicapai dengan modal sumber daya manusia seperti kalian,” tambahnya.
Untuk mempercepat pertumbuhan talenta digital di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai langkah, termasuk mengembangkan empat pilar digitalisasi: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.
Harapannya, dengan penyelarasan keempat pilar tersebut, Indonesia dapat mewujudkan cita-cita menjadi negara maju dan mencapai Visi Indonesia Digital (VID) 2045.