Generasi Z Memilih Ponsel sebagai Pusat Hiburan Menurut Survei POCO-YouGov
Survei oleh POCO dan YouGov pada generasi Z dan milenial di Asia Tenggara mengungkapkan bahwa ponsel menjadi fokus utama hiburan mereka. Selama tiga tahun terakhir, aktivitas bermain game (53 persen), berbelanja online (51 persen), dan menonton streaming video (48 persen) di ponsel mengalami peningkatan yang signifikan.
Kegiatan ponsel paling populer adalah menonton video (81 persen) dan bermain game online (60 persen), sementara panggilan telepon hanya dilakukan oleh 56 persen responden dan 47 persen menggunakan ponsel untuk mengambil foto dan video setiap hari.
Generasi Z menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel dibandingkan milenial, terutama untuk media sosial (53 persen) dan pekerjaan terkait (56 persen).
Pandemi mendorong penggunaan ponsel untuk pekerjaan dan bisnis dengan pertumbuhan sebesar 59 persen. Perubahan tren juga mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih ponsel, dengan lebih banyak yang memilih ponsel kelas menengah karena alasan biaya terjangkau (57 persen), harga yang seimbang dengan kinerja (57 persen), dan fitur yang sesuai (50 persen).
Sebanyak 46 persen responden berencana untuk mengganti ponsel mereka sebelum akhir 2024, dengan harga terjangkau menjadi pendorong utama untuk beralih ke merek ponsel kelas menengah (42 persen).