Hasil Survei, Penjualan Makanan Manis di E-commerce Meningkat Menjelang Bulan Ramadhan
Bandung, Penjuru – Hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan analisis big data, Compas, menunjukkan bahwa penjualan produk makanan manis dan minuman, terutama yang manis, di platform perdagangan elektronik (e-commerce) mengalami peningkatan menjelang bulan Ramadhan.
Menurut Co-Founder dan CEO Compas, Hanindia Narendrata, produk minuman cokelat mengalami peningkatan paling tinggi dibanding jenis makanan dan minuman lainnya pada bulan Februari 2024. Penjualan minuman cokelat meningkat sebesar 75 persen, mencapai angka 158 ribu produk, atau meningkat sekitar 60 ribu produk dibanding periode yang sama bulan sebelumnya.
Narendrata menjelaskan bahwa peningkatan ini bisa dimengerti mengingat masyarakat Indonesia memiliki tradisi untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.
Survei yang dilakukan Compas melibatkan pemantauan penjualan produk makanan dan minuman di beberapa platform perdagangan elektronik, termasuk Shopee, Tokopedia, Blibli, dan TikTok Shop. Survei dilakukan dari tanggal 1 hingga 25 Februari 2024 untuk platform Shopee, Tokopedia, dan Blibli, serta dari tanggal 2 hingga 25 Februari 2024 untuk TikTok Shop.
Selain minuman cokelat, survei juga menunjukkan lonjakan penjualan pada produk lain selama periode Februari 2024. Misalnya, subkategori selai olesan mengalami peningkatan sebesar 49 persen menjadi 377 ribu produk terjual, atau meningkat sekitar 125 ribu produk dibanding bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan subkategori cokelat kemasan meningkat 48 persen menjadi 860 ribu produk, atau meningkat sekitar 300 ribu produk dibanding bulan sebelumnya.
Kategori makanan dan minuman dengan jumlah penjualan tertinggi dalam survei ini didominasi oleh makanan beku, dengan 3,1 juta produk terjual, meningkat 1 persen atau sekitar 32 ribu produk dari periode sebelumnya. Diikuti oleh bumbu instan dengan 1,1 juta produk terjual, meningkat 2 persen atau sekitar 22 ribu produk dibanding periode yang sama bulan sebelumnya.
Shopee tetap menjadi platform perdagangan elektronik yang paling diminati, dengan pangsa pasar di sektor makanan dan minuman sebesar 56,9 persen, diikuti oleh Tokopedia dengan 24,5 persen, dan TikTok Shop dengan 18,6 persen.