Indonesia Mencatat Potensi Transaksi Rp46 Miliar pada Pameran di Madrid
Pada Feria Internacional de Turismo (FITUR) 2024 di Madrid, Spanyol, dari 24 hingga 28 Januari, Indonesia berhasil mencatat potensi transaksi senilai 2,725 juta Euro (sekitar Rp46,6 miliar).
Keterangan pers yang dikeluarkan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KBRI) Madrid di Jakarta pada Selasa mengungkapkan optimisme bahwa keberhasilan partisipasi Indonesia pada FITUR akan berdampak positif pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Spanyol ke Indonesia pada tahun 2024.
KBRI Madrid bekerja sama dengan sepuluh perusahaan pariwisata untuk membuat destinasi Nusantara lebih mudah diakses oleh pengunjung FITUR. Perusahaan-perusahaan ini termasuk Asia Bespoke Tours, Catur Viajes, Come2indonesia, Experience Toni Bali, Invierte en Indonesia Group, Kura Kura Resort, Lotus Asia Tours, Melia Bali, Pacto DMC, dan Spanesia Adventure Group.
Di koridor utama Paviliun 6D, stand Indonesia berada di posisi nomor 10 dan memiliki ruang 65 meter persegi bersama dengan negara-negara di Asia Pasifik, Asia Selatan, dan Timur Tengah.
Chief Executive Officer Asia Bespoke Tours, Manfred Schweizer, menyatakan bahwa dia sangat senang dapat berpartisipasi dalam FITUR 2024 bersama Indonesia. Ia mengatakan bahwa pengunjung sering meminta paket perjalanan grup, terutama untuk Bali. Namun, pihaknya berusaha meyakinkan mereka untuk melihat tempat lain di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Pulau Komodo, Danau Toba, dan Raja Ampat.
Toni Granados, pemilik Experience Toni Bali, yang berasal dari Madrid, menekankan kedalaman kebudayaan Bali dan menawarkan paket perjalanan yang termasuk meditasi dengan para healer, mengatakan bahwa pengunjung sangat tertarik dengan pengalaman unik ini.
Terlepas dari kenyataan bahwa Bali tetap menjadi tempat yang disukai banyak orang, pengunjung sering mempertanyakan bagaimana orangutan Indonesia dan Malaysia berbeda. Maria Veiga, seorang pengunjung dari Sevilla, mengatakan bahwa dia ingin mengunjungi Indonesia setelah menikmati kopi dan jamu Nusantara serta menari tarian tradisional yang dia sukai.
Salah satu upaya untuk mendorong kembalinya minat orang Spanyol untuk berwisata ke luar negeri dan mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia pascapandemi COVID-19 adalah partisipasi Indonesia pada FITUR 2024.
Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Executive Council UN Tourism untuk periode 2023–2027, KBRI Madrid juga memanfaatkan kesempatan ini.
Kementerian Luar Negeri Indonesia, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deltomed Laboratories (Antangin), Grab Indonesia, dan Melia Hotels International membantu partisipasi Indonesia di FITUR melalui skema kemitraan antara sektor publik dan swasta.
FITUR, yang diadakan setiap Januari di Madrid, adalah pameran pariwisata terbesar untuk pasar Ibero-Amerika dan negara berbahasa Spanyol. Tahun ini, pameran tahunan tersebut menarik 250.000 pengunjung, peningkatan sebesar 13,7% dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah perusahaan dari 152 negara juga mencapai rekor baru, dengan 9.000 perusahaan dari 131 negara pada FITUR 2023.
