spot_img

Kemenparekraf & OIKN Berkolaborasi Mengadakan Famtrip Wisata di Sekitar IKN

Date:

Kemenparekraf & OIKN Berkolaborasi Mengadakan Famtrip Wisata di Sekitar IKN

Dalam upaya mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN), telah mengadakan famtrip ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Selain itu, acara ini bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (#DiIndonesiaAja) dan menunjukkan kemajuan pembangunan OIKN sebagai kota inklusif di tingkat global.

Wisata alam dan bahari Berea tidak kalah menariknya dengan tempat wisata populer lainnya di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan khusus untuk meningkatkan potensi pariwisata ini, dan famtrip adalah salah satu pendekatan yang berhasil. Tujuan utama adalah untuk terus mendukung inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau. Target besar—menarik 1,2 miliar hingga 1,4 miliar wisatawan ke Indonesia pada tahun 2023 dan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024—sangat relevan dengan langkah ini.

Kegiatan famtrip ini diharapkan dapat membantu mengembangkan “Paket Wisata IKN”, yang akan mencakup wilayah IKN, Samarinda, dan Balikpapan, serta Desa Wisata yang ada di sana. Wisatawan saat ini hanya datang ke Balikpapan dan Samarinda dan tinggal hanya sekitar satu hari di Kaltim. Dengan pola perjalanan ini, lama tinggal mereka dapat meningkat hingga lima hari empat malam. Selain itu, upaya akan dilakukan untuk mendorong pemerintah Kabupaten Berau untuk mengadakan berbagai acara, seperti wisata olahraga dan wisata olahraga, untuk meningkatkan jumlah kunjungan yang datang.

Pemerintah berkomitmen untuk membantu mempromosikan paket wisata yang dibuat sebagai tindak lanjut dari Famtrip. Untuk mempromosikan paket wisata yang dihasilkan dari kegiatan famtrip ini, mereka akan bekerja sama dengan lima mitra Online Travel Agent (OTA) serta agen perjalanan konvensional seperti ASITA dan ASTINDO. Selain itu, Kabupaten Berau akan ditampilkan di Tourism Expo Japan 2023 di Osaka, yang akan berlangsung dari 26 hingga 29 Oktober 2023.

Alimudin, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), menekankan komitmen mereka untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar wilayah IKN sambil memberdayakan masyarakat lokal. Mereka berharap dapat membawa sekitar 200.000 orang dari total 2 juta orang ke IKN pada tahun 2024 untuk mengunjungi Kabupaten Berau.

Peserta dikenalkan dengan beberapa tempat wisata dan pusat ekonomi kreatif di Kabupaten Berau dan sekitarnya selama famtrip. Mereka memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat menarik seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, Goa Halo Tabung, dan Rumah Oleh-oleh Basinang. Ini adalah tindakan penting untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Berau serta meningkatkan reputasi Kabupaten Berau sebagai destinasi wisata yang menarik di Kalimantan Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

JAKARTA – bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat posisinya sebagai salah...

bank bjb Jalin Kerjasama dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) Terkait Layanan Perbankan

BANDUNG - bank bjb terus memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai bagian dari strategi...

Wujudkan Pertumbuhan Bersama, bank bjb Efektif Setorkan Modal ke Bank Jambi

BANDUNG - bank bjb terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan Bank Pembangunan Daerah...

Bandung bjb Tandamata Resmi Umumkan Daftar Pemain Tim Putri

BANDUNG – Bandung bjb Tandamata resmi mengumumkan daftar pemain tim voli putri...