Kementerian Perdagangan Mendorong Ekspansi Produk Indonesia Ke Internasional
Menurut Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk meningkatkan akses produk Indonesia ke pasar internasional. Saat melakukan kunjungan lapangan ke pabrik PT Bakrie Pipe Industries (BPI) di Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (25/1), dia menyatakan pernyataan ini. Menurut Jerry, produk ekspor berdampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.
Wamendag Jerry, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Jumat, menyatakan, “Kementerian Perdagangan terus berupaya mendorong rencana ekspansi produk Indonesia ke luar negeri. Para pelaku usaha harus memiliki optimisme bahwa produk-produk yang dihasilkan akan mampu berkembang dan bersaing di pasar global.”
Jerry juga menekankan jaringan perwakilan perdagangan pemerintah, yang mencakup 46 perwakilan global. Termasuk dalam kategori ini adalah 19 Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC), 24 Atase Perdagangan (Atdag), satu Konsul Perdagangan, satu Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), dan satu duta besar di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Untuk mempromosikan lokal di pasar internasional, para pelaku usaha di Indonesia diharapkan dapat menghubungi perwakilan-perwakilan ini.
Jerry menjelaskan, “Terdapat 46 perwakilan perdagangan Indonesia di seluruh dunia, dengan Atdag di ibu kota negara dan ITPC di kota perdagangan. Para perwakilan perdagangan Indonesia di seluruh dunia siap memfasilitasi para pelaku usaha untuk mengekspor produk mereka ke luar negeri.”
Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia telah mencatat surplus neraca perdagangan selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. Surplus perdagangan pada bulan Desember 2023 mencapai 3,31 miliar dolar AS, naik dari 2,41 miliar dolar AS pada bulan sebelumnya.
Dengan dorongan Kementerian Perdagangan untuk ekspansi produk Indonesia ke pasar internasional, diharapkan pelaku usaha dapat memanfaatkan jaringan perwakilan perdagangan yang ada, sehingga produk-produk unggulan Indonesia semakin mendunia dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi negara.