Kemlu Mendorong Ekspor melalui Fasilitasi Jaringan Startup ke Pasar Eropa
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia memfasilitasi kerja sama dan jaringan perusahaan rintisan atau startup Indonesia dengan pasar Eropa melalui acara Startup Talks, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor produk lokal.
“Startup Talks merupakan bukti komitmen kami dalam menyediakan platform untuk menjajaki peluang kolaboratif dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Eropa,” kata Penasihat Diplomasi Ekonomi Kementerian Luar Negeri Indonesia, Dindin Wahyudin, dalam acara tersebut.
Dindin menyampaikan bahwa startup telah menjadi agen perubahan yang signifikan dalam transformasi industri dan pertumbuhan ekonomi digital. Ekosistem startup Indonesia telah berkembang pesat sejak munculnya pada tahun 2010, menjadi pusat inovasi yang menonjol.
“Startup berada di garis depan kemajuan teknologi dan pendorong utama inovasi dalam menghasilkan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan masyarakat,” tambahnya.
Dalam konteks ASEAN, nilai ekonomi digital diproyeksikan mencapai 330 miliar dolar AS pada tahun 2025 dan 1 triliun dolar AS pada tahun 2030. Sedangkan di Indonesia, ekonomi digital diharapkan akan berkontribusi sebesar 150 miliar dolar AS pada tahun 2025.
Dindin berharap fasilitas yang diberikan oleh Kemlu dapat menggali lebih banyak potensi ekonomi digital ke pasar Eropa dan menguntungkan bisnis kedua belah pihak. Kerja sama ini juga diharapkan memberikan manfaat bagi pemerintah melalui pertukaran wawasan regulasi dalam meningkatkan ekonomi digital dan memperkuat hubungan dengan negara-negara Eropa.
“Kalau produk Indonesia sudah go internasional, ini akan meningkatkan ekspor Indonesia dan memperkuat citra positif Indonesia karena produk kita sudah digunakan secara internasional,” ujar Dindin.
Dengan upaya fasilitasi jaringan startup ke pasar Eropa, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menegaskan komitmennya untuk meningkatkan ekspor produk lokal serta memperkuat kolaborasi ekonomi antara Indonesia dan Eropa, menggambarkan langkah strategis dalam memajukan potensi ekonomi digital Indonesia di tingkat internasional.