Kolaborasi TikTok-Tokopedia Berdampak Positif pada Sektor Logistik Indonesia
M. Feriadi Soeprapto, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo), mengatakan bahwa kerja sama antara TikTok Shop dan Tokopedia akan berdampak positif pada industri logistik di negara ini. Seperti yang dia katakan, kerja sama antara GoTo dan TikTok diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengiriman, yang dia anggap sebagai hal yang baik untuk pertumbuhan layanan pengiriman. Pada hari Jumat, Feriadi berpidato di Jakarta.
Pangsa pasar yang besar yang dimiliki TikTok dan Tokopedia di Indonesia adalah salah satu alasan mengapa kolaborasi ini memiliki hasil yang baik. Diproyeksikan bahwa ini akan berdampak positif pada industri turunannya, termasuk dalam hal jasa pengiriman cepat. Selain itu, kolaborasi ini terjadi di akhir tahun, saat permintaan barang meningkat secara siklikal, terutama dalam belanja online, yang dapat berdampak pada bisnis logistik.
Selain itu, waktu Pemilu 2024 dianggap sebagai komponen yang dapat memengaruhi industri logistik. Ada keyakinan bahwa sentimen positif dari kolaborasi bisnis antara TikTok dan Tokopedia, yang membawa kembali TikTok Shop Indonesia, akan berdampak positif pada ekonomi internet Indonesia.
Sonny Harsono, Ketua Asosiasi Pengusaha Logistik E-commerce (APLE), mengatakan bahwa kembalinya TikTok Shop memungkinkan penjual lama, terutama mereka yang bergantung pada platform tersebut, untuk kembali menjual barang mereka. Dia menyatakan bahwa data afiliator menunjukkan bahwa sekitar 70-80 persen penjual TikTok tidak berhasil di platform lain. Oleh karena itu, kehadiran kembali Toko TikTok dianggap baik untuk UMKM dan peluang kerja.
Kampanye “Beli Lokal” Harbolnas 2023 pada 12 Desember lalu menunjukkan pengaruh kerja sama Tokopedia dan TikTok. Selama kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12, Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia, melaporkan peningkatan transaksi hampir 19 kali lipat dalam kategori kecantikan dan perawatan tubuh serta 13 kali lipat dalam kategori fesyen.
Sonny yakin bahwa kontribusi Toko TikTok pada tahun mendatang akan lebih besar dibandingkan tahun ini karena jumlah penggunanya yang besar. Dia percaya bahwa akan ada peningkatan besar dalam jumlah transaksi, yang akan menguntungkan sektor logistik.