Kompolnas Mendorong Perbaikan Komunikasi Polri untuk Menampung Semua Pengaduan
Poengky Indarti, anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dari unsur masyarakat, menekankan pentingnya peningkatan komunikasi antara anggota Polri dan individu yang datang untuk Pengaduan atau melapor. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan publik karena ada beberapa responden yang lebih suka melaporkan masalah melalui media sosial daripada cara lain. Poengky menekankan bahwa komunikasi yang efektif antara pengadu dan penyidik akan membantu membangun kepercayaan di masyarakat, mencegah ketidakpercayaan yang terjadi karena merasa dicueki.
Survei Litbang Kompas menunjukkan bahwa 87,8 persen masyarakat puas dengan kinerja Polri, dan Poengky menyatakan bahwa hasil ini harus menjadi dorongan bagi Polri untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Survei kepuasan publik menunjukkan bahwa upaya Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) memiliki tingkat kepuasan tertinggi, dengan 89 persen responden menyatakan bahwa mereka merasa puas.
Poengky menjelaskan bahwa sistem Dumas Presisi telah menangani pengaduan masyarakat dan menyoroti pentingnya tindakan preventif dan preemtif dalam menjaga harkamtibmas. Ia menekankan bahwa untuk menjaga nama baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, pengawasan internal yang baik, dukungan teknologi informasi, dan modernisasi anggota di lapangan melalui penggunaan body dan dashboard kamera sangat penting.
Poengky juga menganggap pengawasan atasan yang jelas dan sistem hukuman yang tegas sangat penting untuk mencegah tindakan yang dapat merusak reputasi Polri. Ia menutup dengan mengatakan bahwa modernisasi di lapangan harus segera dilakukan, termasuk memastikan bahwa anggota Polri melakukan tugas mereka dengan menghormati hak asasi manusia untuk mencegah pelanggaran yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi.
Dengan teguran Kompolnas terkait perbaikan komunikasi dan penerimaan pengaduan, diharapkan Polri dapat lebih efektif dan responsif dalam membangun kepercayaan masyarakat serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.