spot_img

Kualitas Layanan Peserta JKN di Seluruh Daerah Tetap Sama, Ini Buktinya!

Date:

Kualitas Layanan Peserta JKN di Seluruh Daerah Tetap Sama, Ini Buktinya!

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menawarkan berbagai keunggulan yang dirasakan langsung oleh para peserta nya. Salah satu keunggulan utama yang disorot adalah keterjangkauan nominal iuran dibandingkan dengan asuransi kesehatan komersial. Program ini tidak hanya menyediakan akses ke layanan kesehatan yang bermutu, tetapi juga menjamin kepastian pembiayaan yang berkelanjutan bagi pesertanya di seluruh wilayah Indonesia.

Ersa Rosita (26 tahun), seorang peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), mengalami sendiri manfaat dari prinsip portabilitas yang ditawarkan oleh JKN. Sebelumnya, Ersa adalah peserta JKN mandiri dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Pengalaman Ersa mencerminkan bagaimana JKN mampu menyediakan layanan kesehatan yang merata dan berkualitas di berbagai fasilitas kesehatan, termasuk saat melahirkan anak pertamanya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soedjono Selong.

“Saya merasa sangat terbantu dengan Program JKN, terutama saat melahirkan anak pertama. Waktu itu saya masih terdaftar sebagai peserta mandiri kelas 3. Layanan yang saya terima sangat memuaskan, baik di Puskesmas maupun rumah sakit,” ungkap Ersa.

Saat suaminya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Ersa dan keluarganya berhasil dialihkan ke pesertaan JKN yang ditanggung oleh instansi tempat suaminya bekerja. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan jaminan kesehatan di kelas 2 tanpa perbedaan yang signifikan dalam kualitas pelayanan yang diterima.

“Ersa adalah salah satu dari banyak peserta yang merasakan manfaat langsung dari Program JKN. Program ini tidak hanya memberikan kepastian akses layanan kesehatan, tetapi juga memberikan rasa aman dan perlindungan finansial bagi pesertanya,” jelas Gusti Ngurah Catur Wiguna, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong.

Dalam konteks perlindungan kesehatan nasional, Program JKN memainkan peran penting dalam memastikan bahwa setiap penduduk Indonesia dapat mengakses perawatan kesehatan yang diperlukan tanpa khawatir akan biaya yang tinggi. Pelayanan administrasi dan pengecekan status kepesertaan JKN juga semakin mudah diakses melalui berbagai platform, seperti Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi via Whatsapp (PANDAWA), BPJS Kesehatan Care Center 165, dan kantor BPJS Kesehatan terdekat.

“Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan ketersediaan informasi bagi seluruh peserta JKN. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa setiap warga negara Indonesia dapat menikmati akses layanan kesehatan yang setara dan bermutu,” tambah Gusti Ngurah Catur Wiguna.

Dengan demikian, Program JKN tidak hanya menjadi simbol kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang merata, tetapi juga menjadi instrumen penting dalam menjaga stabilitas sosial dan kesejahteraan bangsa secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

JAKARTA – bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat posisinya sebagai salah...

bank bjb Jalin Kerjasama dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) Terkait Layanan Perbankan

BANDUNG - bank bjb terus memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai bagian dari strategi...

Wujudkan Pertumbuhan Bersama, bank bjb Efektif Setorkan Modal ke Bank Jambi

BANDUNG - bank bjb terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan Bank Pembangunan Daerah...

Bandung bjb Tandamata Resmi Umumkan Daftar Pemain Tim Putri

BANDUNG – Bandung bjb Tandamata resmi mengumumkan daftar pemain tim voli putri...