Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bisnis dan bagaimana hal itu memengaruhi persepsi konsumen terhadap perusahaan. Beberapa poin utama yang dibahas termasuk :
1. CSR dan Jiwa Sosial Perusahaan : Perusahaan memiliki jiwa sosial yang mendorong mereka untuk melaksanakan program CSR. Proyek CSR dianggap sebagai “iklan” yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka menjadi pelanggan setia.
2. Kesadaran Lingkungan : Perhatian masyarakat terhadap gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan meningkat. Perusahaan yang mendukung tren ini mendapat sambutan positif dari konsumen. Mereka cenderung membeli barang dari perusahaan yang melakukan hal-hal baik untuk masyarakat dan lingkungan.
3. Regulasi CSR : Karena Undang-Undang Perseroan Terbatas, perusahaan harus memiliki program CSR, seperti yang disebutkan dalam artikel ini. Perusahaan yang tidak mematuhi aturan ini akan dikenakan sanksi.
4. Pengaruh Pimpinan Perusahaan : Bagaimana sebuah perusahaan menjalankan CSR dan citranya di mata masyarakat sangat dipengaruhi oleh peran pemimpinnya. Perusahaan yang aktif melakukan CSR cenderung mendapatkan dukungan konsumen.
5. Manfaat CSR : Dana sosial yang tepat sasaran adalah investasi yang bertahan lama yang dapat membuat pelanggan setia. Selain itu, artikel ini menekankan betapa pentingnya untuk perusahaan mempertahankan reputasi yang baik di mata masyarakat.
6. Contoh Perusahaan : Contoh perusahaan yang aktif melakukan CSR, seperti jamu yang membantu petani dan perusahaan makanan dan minuman yang membantu peternak sapi perah. Selain itu, mereka mengambil tindakan yang berkaitan dengan lingkungan dan masyarakat.
7. Perang Iklan : Perang iklan yang tidak sehat antara perusahaan besar. Penulis mengatakan bahwa dana yang digunakan untuk perang iklan seharusnya digunakan untuk usaha amal.
8. Potensi Penggunaan Dana Iklan untuk Kebaikan : Menunjukkan bahwa proyek CSR yang bermanfaat bagi masyarakat dapat dilakukan dengan anggaran besar untuk iklan.