Persiapan Mario Aji Menghadapi Tantangan Baru dalam Moto3 Qatar
Lihat Persiapan Pembalap motor Indonesia Mario Suryo Aji, yang bermain untuk Tim Honda Asia, menyatakan kesiapannya untuk menghadapi tantangan baru di ajang Moto3 Qatar di Sirkuit Internasional Lusail akhir pekan ini. Sulitnya adalah kondisi aspal sirkuit yang baru saja teraspal ulang, yang memiliki bentuk dan permukaan yang berbeda dari versi sebelumnya.
“Saya tahu ini akan menjadi akhir pekan yang menantang, namun saya akan mencoba untuk berusaha semaksimal mungkin, memanfaatkan momen-momen bagus di trek. Saya siap menghadapinya,” kata Mario, seperti yang kutip dari keterangan resmi tim pada Jumat.
Pembalap berbakat dari Jawa Timur ini optimis untuk menghadapi kesulitan tersebut. Dia berharap dapat mempertahankan semua kemajuan yang dia lakukan selama musim 2023.
Dia juga menyatakan, “Kami pergi ke Qatar setelah akhir pekan yang positif di Sepang. Saya ingin mempertahankan peningkatan di semua sirkuit dari pada tahun lalu.”
Taiyo Furusato, rekan satu tim Mario, menyatakan antusiasmenya untuk kembali berkompetisi di Sirkuit Lusail, yang sangat ia sukai. Furusato memiliki banyak kenangan indah di sirkuit, terutama saat ia menjadi siswa di Asia Talent Cup.
Furusato mengatakan. “Saya memiliki kenangan indah di sirkuit ini, dari masa saya di Asia Talent Cup, ketika saya memenangkan empat balapan… Saya menyukai tata letak sirkuit ini dan yakin saya bisa mendapatkan hasil bagus akhir pekan depan.”
Selain itu, pembalap muda Jepang ini menyatakan bahwa tujuannya saat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mereka lebih jauh lagi dari perbandingan dengan balapan sebelumnya.
Furusato menyatakan. “Rencananya akan berjalan seperti yang kami lakukan pada paruh ke 2 musim ini. Sebuah strategi yang sangat baik namun kami terus meningkatkannya balapan demi balapan.”
Hiroshi Aoyama, manajer tim Honda Asia, mengklaim bahwa MotoGP Qatar tahun ini akan mengalami banyak perubahan berbanding terbalik dengan tahun sebelumnya. Bukan hanya karena itu adalah dua balapan musim sebelumnya, tetapi juga karena aspal dan paddock baru, serta cuaca yang tidak menentu.
Aoyama menyatakan bahwa faktor-faktor tersebut akan memengaruhi perasaan pembalap dan pengaturan motornya. Ini akan menjadi seperti berkendara di sirkuit baru. Kita harus beradaptasi dengan situasi yang unik, mencari solusi agar bisa kompetitif.
Pengendara kami memahami tata letaknya, & saya ingin tahu bagaimana mereka melewati kondisi baru ini. Biasanya, kami suka trek ini.