PLN Mengajak Warga untuk Memeriksa Kondisi Listrik di Rumah Sebelum Mudik
Bandung, Penjuru – PT PLN (Persero) mengajak masyarakat untuk memeriksa kondisi listrik di rumah sebelum melakukan perjalanan mudik menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto, menekankan pentingnya beberapa langkah persiapan sebelum mudik guna memastikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat.
“Pertama-tama, penting bagi pelanggan untuk memastikan instalasi listrik di rumah mereka dalam kondisi baik sehingga rumah dapat ditinggalkan dengan aman,” kata Gregorius dalam keterangan resminya di Jakarta pada Jumat.
Kedua, PLN juga menyarankan agar masyarakat mematikan aliran listrik pada peralatan elektronik yang tidak digunakan dengan mencabutnya dari stop kontak.
“Ketiga, hidupkan lampu penerangan seperlunya, seperti lampu teras dan halaman, untuk menjaga keamanan bangunan yang ditinggalkan. Jika perlu, pasang sensor penerangan untuk menggunakan listrik secara efisien,” tambahnya.
Selanjutnya, keempat, PLN mengingatkan pelanggan listrik pasca-bayar untuk memastikan pembayaran tagihan listrik sudah lunas sebelum waktu tenggat, guna menghindari denda dan pemutusan listrik akibat keterlambatan pembayaran.
“Kelima, bagi pelanggan listrik prabayar, pastikan token listrik sudah terisi cukup hingga akhir masa mudik agar lampu penerangan di rumah tetap menyala dan alarm token kWh meter tidak berbunyi,” ujar Gregorius.
Selanjutnya, keenam, jika kebutuhan listrik di kampung halaman semakin meningkat, pelanggan dapat mempertimbangkan penambahan daya. PLN telah menyediakan promo diskon tambah daya melalui program “Listrik di Bulan Berkah” dengan melakukan transaksi di marketplace (lokapasar) PLN Mobile.
“Terakhir, untuk memudahkan perjalanan mudik, masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang siap membantu dalam berbagai kebutuhan kelistrikan sebelum atau saat mudik,” tambahnya.
Melalui SuperApp tersebut, lanjut Gregorius, masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan kelistrikan dari mana saja, mulai dari pembelian token, pembayaran tagihan listrik, pengajuan pasang baru, tambah daya, pemantauan pemakaian listrik pasca-bayar, hingga pengaduan gangguan dan keluhan listrik.
“Jika terdapat gangguan atau keluhan listrik sebelum atau selama mudik, pelanggan dapat menyampaikan pengaduan tersebut melalui aplikasi PLN Mobile yang aktif selama 24 jam. Petugas PLN akan segera menindaklanjuti pengaduan tersebut,” jelas Gregorius.