Pos Indonesia Tetap Berkomitmen pada Inovasi Saat Melangkah ke Usia 277 Tahun
PT Pos Indonesia, sebuah perusahaan negara yang telah berusia 277 tahun dalam logistik, menyatakan tekadnya untuk terus ber inovasi dan bertransformasi untuk meningkatkan kualitas di semua lini bisnisnya untuk mengikuti arus digitalisasi yang terus berkembang.
Menurut Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pos Indonesia, Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman, keberlanjutan Pos Indonesia bergantung pada inovasi dan pemanfaatan teknologi yang tepat. “Inovasi dalam dunia bisnis tidak akan mencapai kesuksesan dan memberikan hasil yang diinginkan tanpa diimbangi oleh kualitas layanan dan teknologi yang tepat,” kata Endy dalam sebuah pernyataan tertulis di Jakarta pada hari Jumat.
Selain itu, ia menyatakan bahwa bisnis akan terus mencari cara baru untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga lebih disukai oleh pelanggan, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai keberadaan Pos Indonesia. Endy mengubah perspektif tentang Pos Indonesia, yang mungkin dianggap kuno hanya sebagai penyedia layanan pengiriman surat. Pos Indonesia kini berhasil melakukan transformasi dan kembali menjadi perusahaan logistik terkemuka berkat adopsi robotik dan inovasi lainnya.
Selain inovasi, penerapan manajemen risiko dan tata kelola yang baik juga dianggap penting untuk menjaga perusahaan tetap hidup dan menghadapi tantangan di masa depan. Menurut Endy, manajemen risiko yang efektif sangat penting untuk memastikan kinerja bisnis yang optimal dan berkelanjutan. Ia menekankan bahwa perusahaan yang dapat mengelola risiko, memitigasi potensi risiko, dan mengelola keuangan dengan baik akan dapat beroperasi dengan baik.
Endy juga mengatakan bahwa tata kelola sangat penting untuk menjaga keberlanjutan perusahaan. Kebutuhan dan operasi divisi keuangan dan manajemen risiko dapat dipenuhi dengan aspek tata kelola yang baik.
Endy menekankan bahwa perusahaan swasta dan BUMN harus memprioritaskan manajemen risiko. Untuk menjamin keberlanjutan dan keberhasilan bisnis, manajemen risiko dianggap sebagai langkah penting.
Endy berharap Pos Indonesia akan dapat bertahan dan tetap menjadi pilihan masyarakat untuk waktu yang lama dengan menggabungkan inovasi, transformasi teknologi, dan peningkatan layanan yang berkelanjutan. “Harapan kami adalah melalui peningkatan kualitas layanan, implementasi teknologi digital yang semakin canggih, masyarakat dapat memahami dan kembali menggunakan layanan dan produk Pos Indonesia seperti yang telah terjadi di masa lalu,” katanya.