“Ignatius Untung Surapati: Sukses dalam Live Commerce untuk UMKM”
Ignatius Untung Surapati, seorang praktisi pemasaran dan ahli Behavioral Science, membagikan tips sukses bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menerapkan metode live commerce.
Untung menyarankan UMKM untuk memulai dengan membangun persona atau citra positif di platform digital tempat mereka melakukan siaran langsung untuk berjualan. Menurutnya, kebanyakan orang lebih suka membeli dari seseorang yang mereka percayai, oleh karena itu, membangun citra pribadi yang meyakinkan penting.
Pembentukan citra ini harus didukung oleh konsistensi dalam melakukan siaran langsung daring. Dengan menjaga konsistensi, UMKM dapat membangun kepercayaan dengan calon pelanggan mereka.
Untung memberi contoh tentang konsistensi yang sukses dicapai oleh seorang kreator konten bernama Kohcun. Kohcun berhasil menghasilkan omzet sebesar 21 miliar Rupiah dengan metode live commerce karena melakukan siaran langsung setiap hari.
“Konsistensi adalah kuncinya. Perhatikan ketika Kohcun sedang siaran langsung, jumlah penontonnya bisa mencapai ratusan orang, karena dia konsisten. Bandingkan dengan yang tidak konsisten, biasanya penontonnya hanya puluhan bahkan ada yang hanya satu atau dua orang,” jelas Untung.
Prinsip konsistensi ini tidak hanya berlaku dalam live commerce, tetapi juga dalam berjualan langsung di toko fisik.
Live commerce, fenomena berjualan melalui platform digital dengan siaran langsung, semakin populer. Menurut Statista, pembelian melalui live commerce mengalami peningkatan sebesar 76 persen selama pandemi, dengan minat konsumen terhadap siaran langsung lebih tinggi di Asia Pasifik daripada di tingkat global pada tahun 2021.