Tokopedia Mendukung UMKM Olahan Tempe & Pemberdayaan Petani Kedelai Lokal
Perusahaan toko online Tokopedia telah membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menghasilkan olahan tempe yang disebut “Tempeman” dan membantu petani kedelai lokal.
Antonia Adega, Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, mengatakan bahwa produk makanan dan minuman seperti tahu susu, wortel, dan tempe adalah yang paling banyak dibeli di semester I/2023 daripada semester I/2022. Jumlah transaksi yang meningkat dalam industri makanan ini rata-rata lebih dari tujuh kali lipat.
Selain itu, dalam kategori makanan dan minuman secara keseluruhan di Tokopedia (data nasional), shimeji, wortel, dan tahu sutra adalah beberapa produk yang paling laris di semester I/2023 dibandingkan dengan semester I/2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 13 kali lipat.
Tokopedia menerapkan inisiatif geo-tagging melalui Hyperlocal untuk memastikan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk Bali, memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu bagian dari manifestasi hyperlocal ini adalah “Kumpulan Toko Pilihan”, yang memungkinkan penjual terdekat dari lokasi pembeli untuk lebih mudah mengakses pasar sekitarnya.
Selain itu, Tokopedia memperkenalkan “Tokopedia NYAM!”, sebuah halaman yang berfokus pada produk makanan dan minuman dari pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Tokopedia juga memperkenalkan produk UMKM Bali “Tempeman”, yang telah berhasil dalam manifestasi hyperlocal “Tokopedia NYAM!”
Benny Santoso, salah satu pemilik “Tempeman”, mengatakan bahwa bisnis UMKM “Tempeman” menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulan sejak berjualan online di Tokopedia. Sejak tahun 2020, mereka telah konsisten memberdayakan petani kedelai lokal melalui Tokopedia.
“Tempeman” berhasil bangkit dan sukses kembali meskipun bisnis mereka mengalami penurunan hingga 40% selama pandemi COVID-19. UMKM “Tempeman” menggunakan fitur Tokopedia seperti “flash sale”, “promo buy 1 get 1”, “TopAds”, dan “Wawasan Pasar” untuk meningkatkan transaksi.
Dengan fitur “Wawasan Pasar”, penjual dapat melakukan riset dan inovasi produk yang lebih relevan dengan kebutuhan pasar. Selain itu, “Tempeman” bekerja sama dengan produsen rumahan di Bali dan petani lokal di berbagai wilayah untuk menyediakan variasi produk tempe yang sehat, bergizi dan sesuai dengan selera modern seperti protein ball, cookies, dan coklat.