Tren Kuliner Indonesia Menurut GoFood Tahun 2023
GoFood, layanan pengantaran makanan online yang termiliki oleh Gojek. Telah merilis daftar tren kuliner Indonesia yang paling populer sepanjang tahun 2023.
Satria Situmorang, Head of Business Food & Ads Gojek, mengatakan bahwa selama satu tahun terakhir, GoFood memiliki keuntungan dalam melakukan analisis perilaku konsumen berdasarkan data yang mereka miliki. Menurut data tersebut, ada dua jenis pelanggan yang menggunakan layanan mereka.
Pertama, kelompok sosial yang menghargai momen makan bersama dengan teman, keluarga, dan kolega. Mereka memilih berdasarkan penilaian atau rating dari menu dan restoran karena mereka tertarik dengan berbagai pilihan di menu. Konsumen seperti ini TERsebut eater sosial.
Kedua, kelompok yang lebih mengutamakan harga terjangkau dan tidak terlalu memperhatikan berbagai pilihan di menu. Mereka cenderung mengonsumsi jenis makanan yang umum dan mudah terakses. Konsumen jenis ini tersebut sebagai pemakan yang efektif.
Menurut Satria, berdasarkan data yang dikumpulkan melalui fitur GoFood, tiga menu terlaris untuk kategori umum adalah mie rebus, pilihan roti, dan kopi susu. Hal ini mencerminkan kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyukai makanan manis bersama dengan kopi untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat bekerja.
Masyarakat Indonesia, di sisi lain, cenderung menyukai makanan hemat seperti nasi ayam, berbagai jenis teh, dan gorengan, yang biasanya dipesan dalam paket dengan harga mulai dari Rp30 ribuan.
Selain itu, Satria mengumumkan kehadiran “Promo Nampol” sebagai respons terhadap tren kuliner di tahun 2023. Promo ini menawarkan berbagai pilihan menu dengan harga mulai dari Rp10 ribu di GoFood, dengan diskon tambahan hingga 35 persen di seluruh Indonesia dari 27 November 2023 hingga 14 Januari 2024. GoFood bekerja sama dengan banyak restoran lokal terkenal seperti Teguk, Bangor, Kopi Kenangan, Moon Chicken, dan Hokben untuk program ini.