spot_img

Wisatawan Indonesia Cenderung Mengandalkan Perangkat Gawai dalam Perjalanan Wisata

Date:

Wisatawan Indonesia Cenderung Mengandalkan Perangkat Gawai dalam Perjalanan Wisata

Laporan “SiteMinder’s Changing Traveller Report 2023”, yang melibatkan 10.000 wisatawan dari dua belas negara, termasuk 840 orang dari Indonesia, memberikan informasi yang menarik ini.

Sebuah studi yang dilakukan pada Juli 2023 menemukan bahwa rekomendasi media sosial memengaruhi pilihan 97% turis Indonesia untuk tempat liburan.

“Dari sini terlihat bahwa wisatawan Indonesia cukup bergantung pada teknologi dan gadget mereka. Sebanyak 97 persen menggunakan media sosial untuk menentukan destinasi liburan mereka,” kata Bradley Haines, Regional Vice President SiteMinder untuk Asia Pasifik. Angka ini jauh melampaui tren wisatawan global; hanya 70% orang menggunakan media sosial untuk merencanakan liburan dan waktu luang mereka.

Sebanyak 73% wisatawan Indonesia menggunakan teknologi untuk mencari referensi dan membeli akomodasi melalui layanan agen perjalanan online (OTA). Teknologi ini meningkatkan kenyamanan dan mempercepat proses “check-in”.

Selain itu, wisatawan Indonesia lebih suka menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan akomodasi mereka, dengan 46 persen memilih untuk melakukannya melalui perangkat elektronik. Ini lebih tinggi daripada persentase wisatawan di seluruh dunia, yang hanya 32 persen lebih suka berkomunikasi dengan akomodasi mereka secara langsung. Wisatawan dari negara lain cenderung lebih suka berkomunikasi secara langsung.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia saat ini lebih tertarik untuk mencari pengalaman liburan yang nyata daripada mengejar jumlah destinasi yang dapat mereka kunjungi; karakteristik mereka juga mirip dengan wisatawan India dan China, yang sangat bergantung pada teknologi saat merencanakan liburan.

Untuk liburan yang berkesan, sebanyak 66%, atau dua pertiga dari responden, lebih memilih pengalaman lokal yang kaya akan budaya lokal daripada berkunjung ke banyak lokasi. Ini menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia sekarang lebih memprioritaskan pengalaman lokal daripada berkunjung ke banyak lokasi.

Menurut Rio Ricaro, Senior Business Development Manager SiteMinder Indonesia, pengunjung Indonesia saat ini lebih memilih pengalaman liburan asli, berinteraksi dengan penduduk lokal, dan menikmati seni setempat. Diharapkan hasil dari tren ini akan memungkinkan sektor akomodasi dan pariwisata Indonesia untuk menjadi lebih digital dalam operasinya dan memanfaatkan kebiasaan masyarakat yang semakin bergantung pada teknologi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

JAKARTA – bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat posisinya sebagai salah...

bank bjb Jalin Kerjasama dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) Terkait Layanan Perbankan

BANDUNG - bank bjb terus memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai bagian dari strategi...

Wujudkan Pertumbuhan Bersama, bank bjb Efektif Setorkan Modal ke Bank Jambi

BANDUNG - bank bjb terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan Bank Pembangunan Daerah...

Bandung bjb Tandamata Resmi Umumkan Daftar Pemain Tim Putri

BANDUNG – Bandung bjb Tandamata resmi mengumumkan daftar pemain tim voli putri...