Jersey Timnas Mendapat Kritik, Ini Komitmen Erspo untuk ke Depannya
Bandung, Penjuru – Erspo, merek pakaian olahraga, mendapat kritik setelah merilis jersey Timnas Indonesia. Namun, Erspo siap berkolaborasi dengan pelaku sepakbola Indonesia untuk menciptakan desain baru tengah tahun ini.
Muhammad Sadad, CEO Erspo, menekankan komitmennya untuk menyediakan yang terbaik bagi Timnas Indonesia melalui produk mereka. Ia juga berterima kasih atas saran dan kritik setelah peluncuran jersey pertama Timnas Indonesia buatan Erspo.
“Erspo hadir sebagai wujud kepedulian kami terhadap kemajuan industri fesyen dan sepak bola di tanah air. Setelah PSSI menunjuk ERIGO dengan Erspo untuk menyediakan kebutuhan Timnas Indonesia dua musim ke depan, kami telah berkolaborasi dengan pihak-pihak di industri sepak bola Indonesia untuk meluncurkan jersey Timnas pertama pada tanggal 18 Maret 2024,” ujar Sadad.
“Kami mengucapkan terima kasih atas semua kritik dan masukan, terutama dari para penggemar sepak bola di Indonesia. Oleh karena itu, untuk desain berikutnya yang akan diluncurkan pertengahan tahun ini, Erspo siap berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan sepakbola agar apparel resmi Timnas Indonesia semakin baik dan menjadi kebanggaan kita semua,” tambahnya.
Erspo mendapat sorotan karena desain jersey Timnas Indonesia yang dinilai kurang memuaskan dan harga yang dianggap mahal. Selain itu, respon reaktif dari desainer jersey Erspo di media sosial membuat kondisi semakin tegang, bahkan ada gerakan untuk memboikot Erspo karena dianggap anti-kritik.
“Sebagai merek asli Indonesia, kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi guna meningkatkan kualitas produk Erspo sebagai karya anak bangsa yang mampu memperkuat jati diri dan identitas Timnas serta bangsa Indonesia,” tutur Sadad.
“Komitmen ini adalah dukungan Erspo dalam membangun ekosistem industri sepakbola Indonesia yang kuat dan kompetitif. Kami berharap kerjasama antara PSSI dan Erspo ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Timnas Indonesia,” tambahnya.
Erspo dipilih oleh PSSI sebagai mitra penyedia seragam dan perlengkapan Timnas Indonesia melalui proses tender. Kemitraan ini senilai total Rp 16,5 miliar, dengan dana cash sebesar Rp 5 miliar dalam bentuk sponsorship dan royalty, yang merupakan mekanisme baru pertama kali diberikan kepada PSSI.