Menteri ATR : Mobil Layanan Elektronik Meningkatkan Kecepatan Layanan Pertanahan
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa Mobil Layanan Elektronik semakin mempercepat layanan pertanahan.
“Ini merupakan kemajuan yang sangat positif. Dengan mencapai masyarakat dan menyediakan layanan yang lebih mudah diakses, kita dapat mempercepat layanan pertanahan,” ujar AHY di Denpasar, Bali, pada hari Selasa.
Dalam peluncurannya, AHY menyampaikan bahwa sudah ada 9 kendaraan yang siap didistribusikan di setiap kabupaten/kota untuk melayani masyarakat dalam hal pertanahan.
“Sebagai bentuk pertanggungjawaban kami sebagai lembaga yang melayani publik dengan profesionalisme, modernitas, dan kepercayaan yang semakin meningkat. Ini adalah semangat kami. Layanan digital harus menjadi lebih mudah dan efisien, tetapi tetap menjaga keamanan dan privasi,” tambahnya.
AHY juga meluncurkan layanan Implementasi Layanan Elektronik se-Provinsi Bali dan Mobil Keliling Layanan Elektronik.
Dengan diluncurkannya Implementasi Layanan Elektronik se-Provinsi Bali, Bali kini menjadi provinsi pertama yang menyelenggarakan layanan pertanahan secara elektronik secara menyeluruh.
Sebagai hasilnya, Provinsi Bali akan menerbitkan seluruh sertifikat tanah dalam format Sertifikat Tanah Elektronik yang lebih aman dan mudah diakses.
Dengan Sertifikat Tanah Elektronik ini, pemilik tanah dapat dengan mudah melihat dan mengunduh sertifikat mereka melalui aplikasi Sentuh Tanahku. Sertifikat tersebut juga tetap dapat dicetak dalam format fisik melalui Kantor Pertanahan setempat atau menggunakan fasilitas Mobil ini.
Mobil Keliling ini diluncurkan dengan tujuan untuk memperkenalkan sertifikat dan layanan elektronik kepada masyarakat secara lebih luas.
Fasilitas ini akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, menghemat waktu dan biaya. Masyarakat tidak perlu datang jauh ke Kantor Pertanahan karena pemerintah akan secara aktif mendatangi mereka untuk memberikan layanan tersebut.