Menyokong Generasi Muda Menjadi Kreator Konten Sejak Usia Dini
Profesor Dr. Ir. Ujang Sumarwan M Sc, seorang Guru Besar di Universitas IPB (Institut Pertanian Bogor), memperjuangkan agar pemuda diarahkan untuk menjadi kreator konten (content creator) sejak usia dini, dengan tujuan merangsang kreativitas mereka dan menumbuhkan minat dalam berwirausaha. Ujang mengungkapkan pandangannya ini dalam sebuah diskusi dengan media saat acara penyampaian survei Vero-YouGov di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Menurutnya, mengajarkan anak-anak untuk menjadi content creator merupakan salah satu cara yang efektif untuk memasuki dunia wirausaha dengan risiko yang minim. Melalui peran sebagai content creator, anak-anak tidak hanya belajar untuk berkreasi tetapi juga untuk mempengaruhi orang lain dengan karya-karya mereka. Ujang juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak-anak dalam proses pembuatan konten tersebut, agar mereka dapat memberikan bimbingan yang diperlukan.
Selain itu, Ujang juga mendorong agar anak-anak diajarkan untuk membuat konten yang berkaitan dengan kebutuhan berjualan, sehingga dapat semakin merangsang minat mereka dalam berwirausaha. Contohnya, Ujang menyarankan agar orang tua mengajarkan anak-anak tentang cara menjual barang-barang bekas yang ada di rumah. Dengan melibatkan orang tua dalam proses ini, risiko kerugian saat anak-anak memulai usaha mereka dapat diminimalkan.
Ujang juga menyoroti pentingnya diskusi antara orang tua dan anak-anak dalam proses pembuatan konten, seperti memahami kegunaan barang-barang bekas yang dapat menarik minat konsumen. Selain itu, Ujang juga menyarankan agar konten yang dibuat oleh anak-anak disesuaikan dengan delapan kategori personalisasi konten yang telah ditetapkan, antara lain :
- Dukungan Terhadap Bisnis Lokal
- Gaya Hidup Berkelanjutan
- Konten Yang Menginspirasi
- Pendidikan Tentang Budaya & Etiket
- Kesehatan & Kebugaran
- Kritik Sosial.
- Nasihat Untuk Orang Tua
- Advokasi Hak-Hak Hewan
Dengan demikian, Ujang Sumarwan M Sc berusaha memberikan dorongan kepada anak-anak untuk menjadi kreator konten sejak usia dini, dengan harapan dapat memacu kreativitas mereka dan menanamkan semangat berwirausaha sedari dini.