spot_img

Tren Pemasaran 2024, Pengaruh Konten Cerdas Berskala Besar dalam Lanskap Pemasaran

Date:

Tren Pemasaran 2024, Pengaruh Konten Cerdas Berskala Besar dalam Lanskap Pemasaran

Meramalkan bahwa terobosan konten yang lebih cerdas dan pengalaman yang lebih personal berskala besar akan terjadi pada tahun 2024 oleh platform interaksi pelanggan Twilio (NYSE: TWLO), yang menghasilkan pengalaman real-time dan personalisasi yang memukau bagi sejumlah merek.

Diproyeksikan bahwa AI dan ML akan menjadi komponen penting dalam membantu merek dalam menentukan segmentasi pasar dan menghasilkan konten yang lebih terarah dan efektif. Pemasar akan semakin banyak menggunakan pendekatan lintas departemen untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan memprioritaskan aspek pengalaman pelanggan dalam bisnis mereka. Tren baru ini diperkirakan akan muncul di tahun mendatang.

Sebagaimana disampaikan dalam siaran resminya pada hari Rabu, Twilio berbagi pandangan tentang beberapa tren yang diharapkan memengaruhi strategi pemasaran dan interaksi dengan pelanggan di Indonesia dan Asia Pasifik pada tahun 2024.

Sekarang, perusahaan di Indonesia dan Asia Pasifik bersaing untuk menawarkan pengalaman interaksi pelanggan yang unggul. Pembangunan pengalaman pengguna yang lebih mudah digunakan dan pengalaman pribadi pada skala besar adalah fokus utama mereka.

Seluruh rantai nilai pengalaman pelanggan dianggap bergantung pada integrasi AI dan ML. Berdasarkan data IDC, sekitar 60% dari 2.000 perusahaan terbesar di Asia diperkirakan akan mengalokasikan anggaran penciptaan pengalaman pelanggan ke AI generatif hingga tahun 2027, secara bertahap menggantikan penggunaan perangkat lunak generasi lama. Ini menunjukkan bahwa integrasi AI dan ML dalam interaksi pelanggan akan menjadi strategi inovatif untuk menarik, mengonversi, dan menarik pelanggan.

AI/ML dapat menyesuaikan pesan, email, atau rekomendasi produk berdasarkan profil pelanggan individu dengan menganalisis data pelanggan. Pemasar dapat membuat konten yang sangat disesuaikan dalam skala besar dengan menggunakan kemampuan AI untuk mengumpulkan informasi penting dan memprediksi kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan, yang memungkinkan mereka untuk memulai kampanye pemasaran yang sangat terarah.

Pemasar dapat menemukan pola dan segmen pelanggan yang mungkin samar berkat keunggulan algoritma AI dalam memproses data besar. Ini memudahkan pengembangan rencana segmentasi pelanggan yang lebih efisien. Pemasar dapat menggunakan umpan balik langsung dari pelanggan untuk menyesuaikan rencana pemasaran mereka. Beberapa merek akan lebih memprioritaskan pengalaman pelanggan. Pengalaman pelanggan yang digabungkan dengan perdagangan elektronik (e-commerce) akan sangat penting untuk manajemen hubungan antara pelanggan dan peritel. Paradigma ritel saat ini berubah dari transaksi ke arah pembuatan pengalaman penuh kesan yang memenuhi harapan konsumen yang terus berubah.

Batasan antara kebiasaan berbelanja online dan offline akan semakin tidak jelas pada tahun 2024. Merek ini berkomitmen untuk memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan dan lancar di semua platform perdagangan yang tersedia. Merek akan menjamin kemudahan beralih antar platform tersebut, sehingga pelanggan tidak akan merasakan perbedaan yang signifikan apakah mereka melakukan pembelian online, melalui aplikasi seluler, atau di toko fisik. Merek akan membuat pengalaman imersif dan interaktif yang memungkinkan pelanggan mencoba produk mereka secara virtual sebelum membeli dengan menggunakan teknologi realitas tertambah (AR) dan realitas virtual (VR).

Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, algoritma AI akan menjadi pendorong utama. Ini dapat mencakup pesan yang disesuaikan, rekomendasi produk khusus, dukungan pasca-penjualan yang disesuaikan, dan rekomendasi produk yang disesuaikan untuk setiap pelanggan.

Standar baru dalam manajemen interaksi pelanggan adalah pendekatan lintas departemen yang membuat pengalaman pelanggan lebih personal. Kolaborasi lintas departemen adalah tren bisnis lain yang akan berkembang yang menggabungkan keahlian teknis, kreatif, dan pelayanan pelanggan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan tanpa masalah.

Bisnis semakin menyadari bahwa pengalaman karyawan terkait dengan pengalaman pelanggan. Karena itu, perusahaan akan lebih memprioritaskan penyelarasan proses internal dan interaksi eksternal serta mendorong penerapan pendekatan terpadu untuk personalisasi untuk memperkuat strategi interaksi pelanggan secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

JAKARTA – bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat posisinya sebagai salah...

bank bjb Jalin Kerjasama dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) Terkait Layanan Perbankan

BANDUNG - bank bjb terus memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai bagian dari strategi...

Wujudkan Pertumbuhan Bersama, bank bjb Efektif Setorkan Modal ke Bank Jambi

BANDUNG - bank bjb terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan Bank Pembangunan Daerah...

Bandung bjb Tandamata Resmi Umumkan Daftar Pemain Tim Putri

BANDUNG – Bandung bjb Tandamata resmi mengumumkan daftar pemain tim voli putri...