Pentingnya Sikap Terbuka dan Pemahaman Orang Tua terhadap Remaja
Vidya Anindhita, S.Psi., M.Psi., dosen di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad). Menekankan bahwa dalam mendidik remaja, sikap terbuka, pemahaman tentang kebutuhan anak, dan keterampilan mendengarkan sangat penting. Vidya menekankan bahwa menjadi orang tua adalah proses pembelajaran seumur hidup yang berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Menurut Vidya, penerapan pola asuh yang tepat pada setiap fase pertumbuhan anak, termasuk masa remaja, memiliki tantangan tersendiri. Ini tersebabkan oleh fakta bahwa saat ini remaja cenderung memiliki keinginan yang lebih besar untuk mengungkapkan kebutuhan, keinginan, dan pendapat mereka.
Menurut Vidya, saat remaja, anak-anak mengeksplorasi identitas mereka dan mencari konformitas, kenyamanan, dan keseruan bersama teman-teman sebaya. Akibatnya, peran orang tua seringkali terasa menggeser oleh peran teman karena anak-anak merasa lebih dekat dan keterima oleh kelompok sebaya mereka.
Vidya menekankan betapa pentingnya orang tua menjadi teladan yang baik untuk mencegah anak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak sesuai dengan norma. Orang tua harus menyadari bahwa mendengar dan memahami anak sangat penting untuk mendidik remaja. Orang tua seringkali hanya mencoba mendengar tanpa berusaha memahami, atau mereka bahkan memotong penjelasan anak terlalu cepat.
Vidya mengakui bahwa saling pengertian antara orang tua dan remaja tidak selalu mudah. Oleh karena itu, agar mereka dapat saling memahami dengan lebih baik, baik orang tua maupun anak harus membuka hati dan pikiran mereka tanpa stigma atau persepsi buruk.
Vidya menyarankan para orang tua untuk melepaskan pandangan mereka terhadap remaja saat berbicara. Memahami perkembangan remaja, dan membuka hati untuk memahami apa yang dia inginkan dan apa harapan anak. Setelah pemahaman bersama, orang tua dapat menyampaikan pendapat atau harapan mereka. Memberikan dorongan positif, dan membantu anak membuat keputusan yang baik untuk dirinya sendiri.