spot_img

Pemerintah Kota Depok Meraih Kualitas Tertinggi dalam Pelayanan Publik

Date:

Pemkot Depok Mendapat Peringkat Terbaik dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022 oleh Ombudsman Republik Indonesia (RI), Pemkot Depok mendapat nilai kepatuhan sebesar 94,74 dan masuk ke dalam kategori zona hijau.

Menurut Firmanuddin, Inspektur Inspektorat Daerah Kota Depok, Ombudsman RI melakukan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Depok dari Agustus hingga November 2022. Penilaian ini terkonsentrasi pada tujuh unit layanan.

Di antara unit layanan tersebut adalah Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas Tugu, Puskesmas Tanah Baru, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Puskesmas Tugu.

Menurutnya, penghargaan ini tidak terjadi meskipun Wali Kota Depok meminta semua perangkat daerah untuk berkomitmen dan berusaha melakukan reformasi layanan publik.

Pada tahun 2021, nilai kepatuhan pelayanan publik Kota Depok sebesar 70,07 dan berada dalam zona kuning, kata Firmanuddin. Namun, pada tahun 2022, nilai tersebut meningkat pesat dan masuk ke dalam zona hijau.

Selain itu, dia menyampaikan beberapa inisiatif yang telah dilakukan oleh Pemkot Depok, termasuk memberikan pembinaan kepada unit layanan atau pengelola layanan oleh Sekretariat Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Inspektorat, dan Dinas Komunikasi dan Informatika.

Selain itu, tim lintas perangkat daerah dilatih dalam kompetensi sumber daya manusia seperti peningkatan kapasitas, pemantauan, dan evaluasi. Selain itu, pemkot Depok mengawasi layanan elektronik melalui situs web atau media sosial unit pengelola layanan, melakukan survei kepuasan elektronik, dan melakukan evaluasi oleh masing-masing unit layanan. Selain itu, tim pengawas internal yang terdiri dari inspektorat daerah telah dibentuk.

Kebijakan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, konsultasi dan pengaduan, sistem informasi, dan inovasi juga telah kami gunakan untuk meningkatkan pelayanan publik.

Selain itu, dia berharap bahwa dengan pencapaian luar biasa ini, Pemkot Depok dapat terus meningkatkan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

bank bjb Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2024 dari The Finance

JAKARTA – bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat posisinya sebagai salah...

bank bjb Jalin Kerjasama dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) Terkait Layanan Perbankan

BANDUNG - bank bjb terus memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai bagian dari strategi...

Wujudkan Pertumbuhan Bersama, bank bjb Efektif Setorkan Modal ke Bank Jambi

BANDUNG - bank bjb terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan Bank Pembangunan Daerah...

Bandung bjb Tandamata Resmi Umumkan Daftar Pemain Tim Putri

BANDUNG – Bandung bjb Tandamata resmi mengumumkan daftar pemain tim voli putri...